Kamis, 31 Mei 2012

PILIHAN MAKANAN SAAT STRES


PILIHAN makanan turut mempengaruhi stres. Makanan yang salah , seperti candy bar dan keripi, bisa memperparah kondisi. Sedangkan makanan sehat bisa mengirangi gejala. Berikut makanan penurun stress yang bisa menjadi pilihan anda: 

A.   Kacang-Kancangan
Kacang-kacangan kaya akan magnesium yang menjaga agar kadar hormone stress kortisol teteap rendah. Akan tetapi, kacang-kacangan tinggi kalori. Jika sedang menjaga berat badan, usahakan mengkonsumsi tidak lebih 12 biji sehari.

B.   Brokoli dan Saus Rendah Lemak
Brokoli mengandung asam folat, komponen ini membantu mengurangi stres.

C.   Sorbet dengan Wafer Vanilla
Sorbet merupakan makanan penutup berupa buah beku. Makan ini trbuat dari pemanis dan bubur buah (buah yang sudah di haluskan). Makanan bergula menurunkan kadar hormon yang memproduksi kecemasan, khususnya glucocorticoid , hormone stres yang berkaitan dengan penyimpanan lemak di perut. Sedikit gula saja dilidah sudah cukup untuk menghasilkan efek menenangkan. Jadi, hindari konsumsi berlebih.

D.   Salmon
Kandungan asam lemak dalam ikan ini membantu agar sel-sel dalam otak berfungsi lebih padu.cara ini membantu anda mengatasi stres dengan lebih efektif.

E.    Coklat Hitam
Coklat mengandung lebih dari 300 komponen berbeda, termasuk anandamide, zat kimia yang meniru efek ganja dalam otak dan theobromine stimulasi ringan. Tapoi, pastikan memilih coklat hitam dengan kandungan bubuk coklat lebih dari 70%.

F.    Susu
Cobalah meminum segelas susu. Susu mengandung tryptophan, yang akan di ubah menjadi serotonin (penguat mood).selain itu, kandungan kalsium, magnesium, dan kalium didalamnya bisa membantu menurunkan tekanan darah.

G.   Coklat Panas
Minuman panas akan meningkatkan suhu tubuhsehiunggfa membuat Anda merasa lebih nyaman. M,inuman ini juga akan memicu respons yang sama di otak.

H.   Teh hitam dan Teh hijau  
Sebuah study di university colege di London menunjujkan bahwa minun the hijau empat kali sehari selama enam minggu bisa menurunkan hormone stres kortisol. Sedang the hijau kaya akan theanine, yang akan membuat anda lebih rileks.

I.      Air dingin.
Cobalah meminum segelas air dingin dan bejalanlah keluar ruangan. Air berfungsi menggerakan darah dan udara akan menyegarkan dengan menstimulasi endorphin (yang menguasai stress).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar