Rabu, 30 Mei 2012

BUAH NAGA MERAH MEMBAWA BERKAH


Warnanya merah dan bersisik rumbai, cocok dengan namanya NAGA. Divietnam, juga dihabitat aslinya di dataran china buah ini amat dihormati, saat Hari Raya dan Tahun Baru Imlek. Konon, menurut menurut sejarah China kuno, buah ini membawa berkah. Kepercayaan itu dilambangkan dengan cara meletakan sosok “Dragon Fruit“ di tengah-tengah dua ekor naga hijau. Nama lain buah Naga ini adalah Hylocereus Undatus. Masyarakat berbagai Negara menyebutnya dengan nama berlainan, antara lain : Di China disebut dengan nama Feuy Long Kwa, di Israel menamainya Pitahaya, di Hawaii disebut Melano (lantaran bentuknya mirip cula badak), di Australia menjulukinya Rhino fruit, di Thailand dinamai kaew mangkom dan pasar international mengenalnya sebagai “Dragon Fruit”.
Bentuk buahnya sangat unik dan sangat memikat untuk dilihat. Jika dilihat bentuknya sangat mirip dengan buah nanas. Hanya warna kulitnya merah dan mempunyai salur disekujur kulit yang membuatnya berbeda dengan buah lain pada umumnya. Daging buahnya berwarna putih dan banyak terdapat biji kecil berwarna hitam yang sangat lunak. Keistimewaan lain yang dimiliki buah naga adalah tahan busuk hingga berbulan-bulan. Meski buah didalamnya tetap bagus, segar dan manis. Berat rata-rata buah naga mencapai 400-800 gr per buah.
Selain untuk persembahan, buah ini juga dikonsumsi langsung, sebagai buah meja, dan cara mengkonsumsinya cukup beragam, bisa dimakan biasa, bisa diolah menjadi selai, atau campuran eskrim. Rasanya manis menyegarkan. Dalam buah naga banyak terkandung vitamin c, zinc, dan potassium, dengan rutin mengkonsumsinya maka akan memperhalus kulit wajah atau berkhasiat bagi kecantikan dan pengobatan.
Khasiat lain dari buah naga bagi kesehatan tubuh, antara lain :
1.       Penyeimbang kadar gula darah
2.       Membersihkan darah
3.       Menguatkan fungsi ginjal
4.       Menyehatkan lever
5.       Perawatan kecantikan
6.       Menguatkan daya kerja otak
7.       Menguatkan ketajaman mata
8.       Menyembuhkan panas dalam
9.       Menurunkan tekanan darah
1.       Mengurangi keluhan keputihan
1.       Menyembuhkan kencing manis
1.       Mengurangi kolesterol
1.       Pencegah kanker usus
1.       Memperlancar buang air besar
Mengingat besarnya kebutuhan akan buah naga yang lumayan besar, bukan hanya pasar lokal yang ingin mencicipi dahsyatnya rasa buah naga, peluang ekspor juga kalah besarnya. Negara seperti belanda, swiss, dan Israel membutuhkan membutuhkan buah ini dalam jumlah besar, namun jumlah ini tidak mampu untuk dipenuhi Negara asalnya. Bahkan jepang, china, dan Taiwan sendiri yang menanam dalam jumlah tidak banyak, juga sangat membutuhkannya. Apalagi jika sedang tidak musim, Negara mengimport harus menunggu beberapa waktu yang lama untuk mendapatkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar