Kamis, 31 Mei 2012

PENEMUAN BARU MENGENAI KANKER HATI ! JANGAN TIDUR TERLALU MALAM


Para dokter National Taiwan Hospital baru-baru ini mengejutkan dunia kedokteran karena ditemukannya kasus seorang dokter muda berusia 37 tahun yang selama ini sangat mempercayai hasil pemeriksaan fungsi hati (GOT,GPT), tetapi ternyata menjelang hariraya Imlek diketahui positif menderita kanker hati sepanjang 10 cm. selama ini hampir semua orang sangat tergantung pada index pemeriksaan fungsi hati (Liver Fungsion Index). Mereka mengidap bila pemeriksaan menunjukan hasil index yang normal berarti semua OK. Kesalah pahaman macam ini ternyata juga dilakukan oleh dokter spesialis. Benar-benar mengejutkan, para dokter seharusnya memberikan pengetahuan yang benar kepada masyarakat umum, ternyata memiliki pengetahuan yang tidak benar.
Pencegahan kanker hati harus dilakukan dengan cara yang benar. Tidak ada jalan lain kecuali mendeteksi dan mengobatinya sedini mungkin, demikian kata dokter Hsu Chin Chu’uan. Tetapi ironisnya, seorang dookter yang menangani kanker hati juga bisa memiliki pandangan yang salah, bahkan menyesatkan masyarakat, inilah penyebab terbesar kenapa kanker hati sulit untuk disembuhkan. Saat ini ada seorang pasien dokter Hsu yang mengeluh bahwa selama satu bulan terakhir sering mengalami sakit perut dan berat badannya turun sangat banyak. Setelah dilakukan pemeriksaan supersound baru diketemukannya ada kanker hati yang sangat besar, hampir 80%dari livernya (hati) sudah termakan habis.
Pasien sangat terperanjat, “Bagaimana mungkin” tahun lalu baru melakukan medical chek-up dan hasilnya semua normal. Bagai mana mungkin hanya dalam 1 tahun yang relatif singkat bisa tumbuh kanker hati yang denikan besar?. Ternyata chek-up yang dilakukan hanya memeriksa fungsi hati. Hasil pemeriksaan juga menunjukan “normal”. Pemeriksaan fungsi hati adalah item pemeriksaan hati yang sangat dikenal oleh masyarakat. Tetapi item ini pula disalahpahami oleh masyarakat kita (Taiwan). pada umunya orang beranggapan bahwa bila hasil index pemeriksaan fungsi hati menunjukan angka normal berarti tidak ada masalah dengan hati. Tetapi pandangan ini menuyebabkab munculnya kehilangan kisah-kisah sedih karena hilangnya kesempatan mendeteksi kanker sejak stadium awal.
 Dokter Hsu mengatakan, GOT dan GPT adalah enzim yang paling banyak ditemui didalam sel-sel hati. Bila terjadi radang hati atau karena satu dan sebab lain sehingga sel-sel hati mati, maka GOT dan GPT akan lari keluar.  Hal ini menyebabkan kandungan GOT dan GPT didalam darah meningkat. Tetapi tidak adanya peningkatan angka GOT dan GPT bukan berarti tidak adanya pengerasan pada hati atau tidak adanya kanker hati. Bagi banyak penderita radang hati, meski radang hati mereka telah berenti, tetapi didalam hati (liver) mereka telah terbentuk serat-serat dan pengerasan hati.
Dengan terbentuknya pengerasan hati, maka akan sangat mudah sekali munculnya kanker hati. Selain itu, pada stadium awal kanker hati, index hati juga akan mengalami kenaikan. Karena pada masa-masa pertumbuhan kanker, hanya sel-sel sekitarnya yang diserang sehingga rusak dan mati. Karena kerusakan ini hanya secara sekala kecil maka angka GOT dan GPT mungkin masih dalam batas normal, katakanlah naikpun tidak akan terjadi kenaikan yang tinggi. Tetapi oleh karena tidak banyak orang yang tidak mengerti akan hal ini sehingga berakibat terjadilah banyakj kisah sedih. 

Penyebab utama kerusakan hati adalah :
  • Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab utama.
  • Tidak buang air di pagi hari.
  • Pola makan yang terlalu berlebihan.
  • Tidak makan siang.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, dan pemanis buatan.
  • Minyak goreng yang tidak sehat. Sedapat mungkin kurangi penggunaan minyak goreng saat menggoreng makanan, hal ini juga berlaku meski sekalipun seperti olive oil. Jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng meski kita dalam kondisi penat, kecuali dalam kondisi tubuh yang fit.
  • Mengkonsumsi makanan mentah (sangat matang) juga menambah beban hati. Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3 – 5 bagian. Sayur yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan.
Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Cukup atur gaya dan pola makanan sehari-hari. Perawatan dari pola makanan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan “jawaban”.  Sebab malam hari pukul 9 – 11 adalah pembuangan zat-zat tidak berguna atau racun  (de-toxin) dibagian sistem antibody (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan music. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai misalnya mencuci piring atau ,mengawasi anak belajar, hal ini berdampak sangat negatif bagi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar