Selasa, 29 Mei 2012

ATASI BANYAK PENYAKIT DENGAN PISANG


Pisang mengandung 3 gula alami yaitu sukrosa, frukosa dan glukosa bercampur serat. Sehingga bagi mereka yang merasa lemas, sebuah pisang dapat memberikan tambahan tenaga yang besar seketika dan tahan lama. Penelitian membuktikan bahwa 2 buah pisang saja sanggup memberikan energy yang cukup untuk latihan berat selama 90 menit. Tidak heran kalau pisang dijadikan buah nomor satu untuk atlit dunia. Bukan hanya penambah energy, buah pisang juga dapat membantu mengatasi atau mencegah sejumlah besar penyakit dan kondisi.
Berikut adalah beberapa jenis penyakit dan kebiasaan buruk yang dapat dihilangkan dengan mengkonsumsi pisang, sebagai berikut :
A.   DEPRESI dan STRES
Survey terbaru yang dilakukan oleh MIND – The National Association for Mental Helath, diantara orang-orang yang menderita depresi, banyak yang merasakan jauh lebih baik setelah mengkonsumsi sebuah pisang. Ini karena pisang mengandung trytoptan, sejenis protein yang di ubah menjadi serotonin, yang dikenal dapat membuat tubuh rileks, meningkatkan suasana hati dan secara umum membuat hati lebih gembira. PMS (Premenstrual Syndrom). Vitamin B6 yang di kandungnya mengatur kadar gula darah yang dapat mempengaruhi suasana hati.
B.   ANEMIA
Karena kandungan besi yang tinggi, pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah sehingga dapat membantu bila terdapat anemia.
C.   TEKANAN DARAH DAN STROKE
Buah tropis ini mengandung potassium yang sangat tinggi namun rendah garam, membuatnya mampu mengatasi tekanan darah dan stroke.


D.   KEKUATAN OTAK
Potassium yang terkandung di dalamnya dapat menambah daya konsentrasi.
E.    KONSTIPASI
Karena mengandung serat tinggi, menyertakan pisang dalam diet dapat memulihkan fungsi normal usu besar dan membantu mengatasi masalah tanpa menggunakan obat pelancar.
F.    MEROKOK DAN PEMAKAIAN TEMBAKAU
Kabar gembira bagi para perokok yang ingin mencoba berhenti, karena kandungan vitamin B6, B12, potassium dan magnesiumnya membantu tubuh pulih dari candu nikotin.
G.   BOROK USUS
Tekstur yang lembut dan halus menjadikan pisang sebagai satu-satunya buah mentah yang dapat dikonsumsi tanpa membahayakan dalam usus kronik berlebihan. Pisang juga menetralisir kelebihan asam dan mengatasi iritasi dengan menyelimuti lapisan lambung.
H.   GIGITAN NYAMUK
Dengan menggosokan bagian dalam kulit pisang diatas kulit yang terkena gigitan nyamuk, akan mengurangi iritasi dan pembengkakan.
I.      PENGATUR SUHU
Banyak kebudayaan yang memandang pisang sebagai buah penyejuk yang dapat menurunkan suhu ibu hamil, baik secara fisik maupun emosional.
Dengan berbagai manfaat dari pisang, sudah sewajarnya kita tambahkan menu pisang dalam daftar menu kita sehari-hari. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar