Kamis, 31 Mei 2012

MENGENAL CHIKUNGUNYA


Seorang anak mengeluh kepada ibunya, dia mengatakan bahwa badannya terasa demam dan tidak enak disertai nyeri pada persendian, di tambah lagi terdapat ruam merah disekujur tubuhnya. Sang ibu pun membawa anak ini kedokter. Dokter mengatakan bahwa anak ini terserang penyakit Chikungunya. Keterangan diatas adalah gambaran dari pasien menderita chikungunya. Sudah mengetahui penyakit ini bahkan mengalami sendiri. Chikungunya berasal dari bahasa Swahili yang berarti posisi tubuh meliuk atau melengkung (berdasarkan posisi tubuh penderita) akibat dari nyeri hebat yang diderita.
Chikungunya merupakan penyakit yang berasal dari virus dari genus Aphavirus dan keluarga Togaviridae yang ditularkan melalui gigitan nyamuk (Aedes aegypti/Aedes sp). Virus ini dapat menyerang semua usia, mulai dari anak-anak sampai orang tua/manula. Adapun gejala yang dialami oleh penderita adalah sebagai berikut :
Pada anak-anak, penyakit di mulai dengan demam mendadak, kulit kemerahan disertai dengan ruam yang merata pada tubuh setelah 3-5 hari, anak mengeluh tubuhnya terasa sakit dan linu. Sedangkan pada orang dewasa, penyakit terjadi disertai dengan rasa ngilu, sakit pada persendian, kadang-kadang sampai menyebabkan kelumpuhan sementara, selain itu disertai juga dengan keluhan mual dan muntah serta pembesaran kelenjar getah bening. Pada anak-anak umumnya demam yang terjadi selama tiga hari dan tidak diikuti pendarahan dan renjatan/syok.
Apakah penyakit ini berbahaya? secara umum penyakit ini disebut juga sebagai Self Limited Diseas atau penyakit yang dapat sembuh sendiri. Pengobatan yang dapat anda lakukan adalah dengan mengobati /mengurangi gejala-gejala yang ada. Anda dianjurkan untuk istirahat, mengkonsumsi obat demam bila terdapat demam dan juga jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin penyakit ini umumnya dapat sembuh sendiri dalam tujuh hari.
Untuk mencegah tertular penyakit ini adalah dengan menjaga kebersihan dan lingkungan sekitar. Karena penyakit ini ditularkan oleh gigitan nyamuk maka, penting sekali bagi anda membasmi sarang-sarang nyamuk yang ada, seperti melakukan kegiatan 3 M (menutup, menguras, mengubur) serta anda juga dapat menggunakan insektisida membunuh nyamuk dewasa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar