Kamis, 31 Mei 2012

LANGKAH MENCEGAH DAN MENANGKAL VIRUS SARS


Serangan wabah virus SARS (severe acute respiratory syndrome) yang menyebabkan radang pernafasan yang sangat akut sampai saat ini (7/4) masih tetap misterius. Di Singapura wabah virus ini sudah menyebabkan 103 penderita meninggal dunia dan puluhan orang termasuk para juru rawat menjalani perawatan intensif. Sampai sejauh ini (7/4) virus SARS telah membunuh 80 orang dan 2.400 orang terinfeksi.
Penyakit ini disebabkan Corona virus yang mengalami mutasi (perubahan menjadi lebih ganas) dengan gejala panas tinggi, batuk, bersin, pilek,. Awalnya mirip dengan selesma atau flu yang kemudian diikuti nyeri otot, sesak nafas, sakit kepala, sakit tenggorokan, hilang nafsu makan, lemas, mual, diare dengan tingkat kematian yang tinggi.
Karenanya tidak heran bila penyakit ini menimbulkan kepanikan di banyak Negara, karena virus yang dikatakannya pertama kali mewabah di china dan menyebar keberbagai Negara seperti Hongkong, singapura, Vietnam, Kanada, Jerman, dan sejumlah Negara lainnya. Sejauh ini masih belum ditemukan penangkalnya. Sementara itu, Direktur penyakit menular Badan Kesehatan Dunia (WHO) David Heymann menyatakan virus misterius ini baru selesai diidentifikasi dalam beberapa minggu kedepan. Heymann juga mengatakan jika penyebab virus SARS ini telah ditemukan. WHO akan terus melanjutkan dengan serangkaian pengujian terhadap virus penyebab SARS yang tiadak menunjukan gejala.
Jika ada orang yang terinfeksi virus tidak menunjukan gejala, kita akan sulit mengidentifikasi. Kita telah mengetahui bagai mana cara penularan virus AIDS, namun kita tidak tau apa-apa tentang SARS, dalam serangkaian pengujian paparnya. Menurut Heymann, dunia perlu bekerja keras lebih lama untuk menemukan cara pengobatan atau pembuatan vaksin pencegah penyakit misterius ini. Karena itu selama masih belum ditemukan obat pencegah penyakit yang mematikan ini alangkah baiknya, kita berhati-hati dalam melakukan tindakan preventif atau pencegahan sedini mungkin.
 
Beberapa langkah pencegahan yang perlu dilakukan adalah :
  • Biasakanlah selalu mencuci tangan sampai bersih
  • Gunakan masker bila kontak langsung dengan penderita
  • Jaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dengan makanan bergizi. Istirahat cukup, olahraga teratur, dan sebaiknya tidak merokok
  •  Harus ekstra hati-hati, bila bepergian ketempat-tempat yang terjangkit SARS
  • Segera kedokter, bila mengalami gejala SARS, dipastikan penyakit ini juga masuk keindonesia terbawa lewat warga asing atau Indonesia yang baru pulang dari Negara-negara yang terjangkit virus SARS.
Untuk itu pemerintah melakukan tindakan preventif dengan memantau mereka yang baru pulang dari luar negeri. Selain itu kepada mereka yang dicurigai tridentifikasi virus SARS ini juga diwajibkan untuk menjalani pemeriksaan. (Majalah CEN FO Mei 2003).

1 komentar: