Rabu, 30 Mei 2012

BUAH MERAH OBAT ANTI KANKER


Buah merah (Pandanus conoideus lam) yang merupakan tanaman sejenis pandan khas papua, kini menjadi sangat terkenal di kalangan masyarakat papua sejak tahun 1998. Mereka mereka menyebut tumbuh-tumbuhan ini buah merah, dan bermanfaat untuk menyembuhkan kanker, kebutaan, serangan jantung, dan sejumlah penyakit lain. Pada saat ini buah merah sedang di teliti kemanjurannya untuk menghambat virus HIV. Buah merah yang tadinya menjadi makanan ternak babi atau dibiarkan terlantar dihutan belantara papua, mendadak menjadi sangat terkenal. Buah merah menjadi anti oksidan yang bersifat anti kanker, dan tokoferol atau vitamin E. kedua zat ini secara alamiah ada didalam wortel juga tinggi, tetapi masih satu tingkat dibawah buah merah.
Buah merah tumbuh pada ketinggian 1.000-3.000 meter diatas laut, bentuk buahnya seperti nangka dengan panjang sampai 1,5 meter. Buah merah dapat di temukan di hutan-hutan diseluruh papua, namun terbanyak di jayawijaya dan di Ayamaru, sorong. Dijayapura sudah di coba khasiatnya , yakni menyembuhkan kanker otak, flek paru-paru pada bayi, kanker payudara, kanker kandungan, tumor kandungan, sakit mata, mencegah kebutaan, sakit jantung, paru lemas, dan letih lesu. Para penderita mengatakan setelah mengonsumsi minyak buah merah, kemudian diperiksa secara klinis, hasilnya nol. Padahal, sebelumnya penderita sakit kanker mengeluh mengeluh sakit luar biasa. Kini para penderita sudah sehat.
Dinas perkebunan, Dinas pertanian, dan Dinas kehutanan mulai member perhatian terhadap buah merah sejak tahun 2002, setelah manfaat buah merah mulai dibicarakan diberbagai seminar, lokakarya dan dalam siding-sidang DPRD papua. Dinas perkebunan sendiri telah menyusun sebuah proyek pengadaan tanaman buah merah dengan investasi senilai Rp5 milyar. (Ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar