Kamis, 31 Mei 2012

MANGGA YANG MENYEHATKAN DAN MENCEGAH KERUSAKAN TUBUH

Mangga adalah sumber penting beta-karoten, salah satu jenis karotenoid (pigmen tanaman yang berwarna kuning hingga merah) yang memiliki kwalitas provitamin A, dan aktivitas antioksidan yang sangat dibutuhkan untuk mencegah kerusakan tubuh, penuaan dan penyakit degenerative, serta kematian usia dini yang diakibatkan oleh radikal bebas. Sebagaimana diungkapkan oleh Nurfi Afriansyah MSc, peneliti pada pusat Litbang Gizi dan makanan Depkes RI, radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat terus menerus menyerang tubuh baik diluar (karena terkena sinar matahari, polusi, asap rokok) maupun dari dalam (disebabkan oleh metabolisme dan kehidupan normal) dapat dinetralkan oleh antioksidan yang terdapat pada buah mangga.
Karena kaya akan beta-karoten dan vitamin A, makan mangga di duga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung, demikian hasil riset yang dilakukan The Institute of Nutritional Science, The University of Potsdam, jerman, terhadap bayi anak tikus yang memiliki kadar protein pembentuk sistem kekebalan lebih tinggi.
Selain mangga, tanaman lainnya seperti apricot, wortel, bayam, brokoli, dan cabai adalah buah dan sayur sayuran yang kaya akan beta-karoten. Namun, bioavailabilitas beta-karoten yang dijumpai dalam buah berwarna kuning kemerah-merahan seperti mangga dan aprikot jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bioavailabilitas beta-karoten yang terdapat pada sayuran berwarna kuning kejinga-jinggaan dan sayuran berdaun hijau seperti wortel, cabai, bayam, brokoli.
Dengan mengonsumsi sebanyak 6 - 7 buah segar sehari, kebutuhan vitamin A orang dewasa dapat dicukupi. Karena itu musim mangga tiba hanya berlangsung 2-3 bulan hendaknya dapat dimanfaatkan dengan sungguh-sungguh. Nikmatilah buah mangga terutama mangga yang tua (matang) berwarna hijau kekuning-kunigan atau kuning kemerah-merahan dan beraroma harum seperti yang dapat kita jumpai pada mangga gedong. (jp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar