Kamis, 31 Mei 2012

PANTAU PENYAKIT DARI PERUBAHAN KULIT


Perubahan pada kulit mulai dari timbulnya jerawat, tajhi lalat, sampai perubahan warna kulit, bisa terjadi indikator kesehatan tubuh. Perubahan yang terjadi pada tubuh bisa jadi menunjukan lebih dari sekedar masalah kulit. Berikut beberapa malah kulit yang bisa menjadi indikator kesehatan, seperti di lansir lifemojo, sabtu (9-7).
A.      Pembengkakan di Bawah Mata
Pembengkakkan kulit dibawah mata mingkin berarti anda mengonsumsi terlalu banyak garam, suatu tindakan yang dapat meningkatkan hipertensi. Memiliki warna kulit kuning-oranye merupakan indikasi dari hipotiriodisme, yaitu kelenjar teroid yang kurang aktif, sehingga menyebabkan akumulasi betakaroten. Betakaroten juga dapat menumpuk jika Anda memakan terlalu banyak wortel, ubi jalar, labu, dan minum jus wortel terlalu banyak. Namun, seiring dengan kulit kuning jika mata anda juga memiliki warna kekuningan, itu bisa menjadi tanda dari penyakit hati (hepatitis).
B.      Kulit Pucat
kulit pucat merupakan tanda anemia yang menunjukan kekurangan zat besi. Zat besi ini memiliki peranan dalam membentuk hemoglobin yang bertanggung jawab sebagai transportasi  oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.
C.      Gelap Garis di Lipatan Telapak Tangan
Garis-garis gelap pada telapak atau pendalaman pigmen dalam lipatan pada telapak tangan dapat berarti insufisiensiadrenal, gangguan endokrin. Juga dikenal sebagai penyakit Addison, penyakit ini terutama mempengaruhi perempuan dan laki-laki berusia 30-50 tahun.
D.     Bintik Coklat di Tulang Kering
      Jika bagian depan kaki anda, tepat nya sepanjang tulang kering, mulai mengembangkan bintik-bintik coklat atau spiderveins (pembuluh vena laba-laba) kecil yang akhirnya mulai berdarah, itu bertanda adalah diabetes.
E.      Bintik Ungu di Kulit
      Jika anda melihat bintik ungu di kulit, itu adalah beberapa pembuluh darah yang pecah. Hal itu dapat terjadi karena masalh sirkulasi atau kekurangan vitamin C. bintik-bintik ungu biasanya sering disalahartikan sebagai memar.
F.       Jerawat
      Meskipun jerawat adalah masalah umum pada remaja. Namun, pada beberapa wanita, jerawat bisa di terjemahkan sebagai polycystic ovary disease (PCOS). Jerawat ini adalah hasil dari ketidak seimbangan hormone dan dapat terjadi karena perubahan gaya hidup atau pemakaian obat-obatan tertentu.
G.     Ruam Merah Berbentuk Kupu-Kupu di Wajah
      Ruam merah berbentuk kupu-kupu di wajah, biasanya diatas hidung dan pipi merupakan tanda awal penyakit autoimun lupus, yaitu gangguan yang mengancam jiwa. Penderita membutruhkan pengobatan yang tepat. Ruam merah ini juga bisa karena rosacea atau dermatitis.
H.     Kulit Kendor
      Kulit kendor bisa jadi sinyal dehidrasi. Hidrasi yang tepat dapat mendukung sel kulit untuk mencegah kulit mengendur. Untuk kesehatan yang optimal, dokter menyarankan minum air putih delapan gelas setiap hari.
 I.        Tahi Lalat
Meskipun kebanyakan tahi lalat tidak berbahaya, mereka dapat mengembangkan melanoma yang merupakan bentuk paling mematikan dari kanker kulit. Jika anda melihat tahi lalat yang datar atau warnanya menjadi merah muda, itu lebih mungkin untuk menjadi kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar