Selasa, 29 Mei 2012

BANDREK PENGHANGAT TUBUH DAN UNTUK KESEHATAN


Meski Bandar Lampung tidak sedingin kota Bogor, saat udara dingin di malam hari, tubuh memerlukan penghangat. Bandrek, minuman susu jahe menjadi pilihan tepat. Di pusat kota Bandar Lampung, tim kuliner Lampung post berhasil menemukan warung tenda Bandrek Istimewa Enggal (BIE), di jalan Raden Intan, tepatnya di depan ruko-ruko sebelum Tugu Adipura. Di warung sederhana yang banyak pengunjungnya itu, kita dapat menemukan Bandrek dengan berbagai modifikasinya. Minuman berbahan dasar jahe dan gula aren ini memang benar-benar pas di minum pada saat cuaca dingin seperti saat hujan dan malam hari.
Pengelola (BIE) Enjun mengatakan bandrek original terasa pedas akibat campuran jahe, lada, dan 12 rempah rahasia lainnya. Bandrek di olah menggunakan air bersih, jahe yang di bakar kemudian di memarkan, gula merah di tumbuk halus, dan daun pandan. Kemudian tambahkan cengkih, kayu manis, dan garam. Gabungkan semua bahan menjadi satu dalam air bersih dan direbus hingga mendidih. Air panas yang mendidih menyebarkan aroma bandrek. Setelah aroma berbaur sempurna, angkat saring dengan saringan halus. Bandrek akan sangat nikmat bila disajikan dalam keadaan hangat. “ bandrek itu minuman spesial, kaya manfaat dan tanpa bahan kimia. Jika tidak tahan dengan pedas, anda bisa memesan bandrek susu .
Tambahan susu akan menambah rasa nikmat bandrek hangat anda. Bandrek susu biasanya banyak diminati oleh kaum hawa. Di BIE juga menawarkan bandrek madu, bandrek susu telur, bandrek susu madu, dan susu telur madu jahe (STMJ). Untuk bandrek orisinal di bandrol dengan harga Rp 5.000.. sedangkan STMJ di bandrerol dengan harga paling tinggi, yakni Rp10.000. BIE juga menawarkan telur setengah matang untuk menemani minuman Bandrek. Telur setengah matang yang di gunakan bukan sembarangan telur, karena BIE hanya menyediakan telur ayam kampung dan telur bebek. Minuman khas Indonesia ini tidak sekedar hangat, tapi mengandung sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh.
Terbukti berkhasiat untuk meringankan dan menyembuhkan masuk angin, pegal-pegal, flu, demam, dan sakit kepala, batuk, rematik, asam urat, sariawan, asma, dan kencing manis. Juga meredakan sakit maag, radang usus, keram di waktu haid, melancarkan peredaran darah, dan sulit tidur. Bahkan, kalau diminum secara rutin dapat mencegah penyakit impotensi.
Pasalnya, minuman yang terbuat secara turun temurun ini mengandung rempah-rempah dan gula aren serta di produksi dari hasil alam tanpa menggunakan bahan pengawet. Selain itu, bandrek yang di khususkan untuk meningkatkan stamina pria dan wanita dewasa karena efek panasnya. Karena kaya manfaat, bandrek dapat dinikmati oleh semua usia. Hal itu di akui Enjun yang mengatakan warung tenda yang mulai buka pukul 17.00-01.00 selalu ramai di kunjungi bahkan artis ibu kota maupun pejabat kerap mendatangi warung tenda miliknya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar