Kamis, 31 Mei 2012

LAWAN STROKE DENGAN 3 BUAH PISANG

STROKE dapat menyerang siapa saja. Jika tidak cepat tertolong, beresiko kematian. Walaupun masih bisa di selamatkan, akan meninggalkan kecacatan. Untungnya, satu study terbaru menemukan cara ampuh menurunkan resiko stroke. Penelitian dari inggris dan italia telah menemukan bahwa makan 3 pisang sehari dapat mengurangi resiko stroke. Makan satu pisang untuk sarapan, satu pisang untuk makan siang, dan satu pisang untuk makan malam hari memberikan kalium yang cukup dalam tubuh manusia. Kalium ini mengurangi kemungkinan orang menderita penggumpalan darah di otak sekitar 21%. Selain pisang, temuan ini juga menunjukan bahwa stroke dapat di cegah dengan mengkonsumsi makanan yg mengandung kalium lainnya, seperti bayam, kacang-kacangan, ikan bandeng dan lentil.
Peneliti menemukan asupan kalium harian sekitar 1.600 mg sudah cukup menurunkan resiko stroke lebih dari seperlima. Sementara pisang mengandung sekitar 500 mg kalium, yang membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. “Asupan kalium di kebayakan Negara jauh di bawah jumlah harian yang di rekomendasikan,” ujar peneliti dari Universitas of warwick dan Universitas of Neples, seperti di lansir Indiavision, jumat (8-7). Jika orang mengkonsumsi makanan yang kaya kalium serta mengurangi asupan garam, angka kematian tahunan global bisa di potong lebih dari 1 juta orang/ tahun. 

A.   Meredakan Nyeri Otot
      Selain mencegah stroke, kandungan kalium yang tinggi dalam pisang juga berkasiat mencegah nyeri leher dan nyeri otot. Kalsium dan mineral dalam pisang bisa mengembalikan keseimbangan elektrolit dan mengurangi kontraksi otot yang menyakitkan. Sakit atau nyeri pada leher sering kali di sebabkan ketegangan otot akibat cidera, menghabiskan waktu lawa di depan computer, atau menyetir. Selain itu, tekanan pada syaraf yang terletak di leher juga bisa menimbulkan rasa sakit. Rendahnya kadar kalium atau kalsium dapat memicu terjadinya otot kejang. Efek ini akan menjadi lebih buruk ketika seseorang mengalami dehidrasi pada saat yg bersamaan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa keram dan nyeri otot  leher adalah meningkatkan konsumsi yang kaya akan kalium. Makanan ini meliputi pisang, jus, jeruk, tomat, kismis, atau kentang yang di panggang bersama kulitnya.

B.   Meredakan stress
Pisang juga bisa meredakan stres. Dalam pisang terkandung dua senyawa yang bisa menenangkan pikiran, yaitu dopanim dan serotonim. Keduanya merupakan senyawa pengendali mood atau suasana hatgi yang secara alami juga di produksi otak. Dopamin merupakan senyawa yang memegang peranan cukup dominan dibagian otak yang dinamakan reward center atau pusat pengendali rasa puas. Saat seseorang merasa senang dan terpuaskan, rasa itu sebenarnya merupakan efek dari kerja dopamine.
Selain member rasa senang, dopamin juga melindungi syaraf otak dari Parkinson, penyakit yang ditimbulkan akibat kerusakan syaraf akibat proses penuaan. Kadar dopamin yang cukup juga akan melindungi fungsi jantung dari berbagai gangguan sirkulasi darah. Sementara itu, serotonim adalah senyawa yang mengatur suasana hati, membuat seseorang merasa bahagia dan menghilangkan emosi negative. Kekurangan kadar serotonim di otak dapat mengakibatkan seseorang sensitife, mudah tersinggung, dan suka marah-marah.
Karena sangat menentukan suasana hati, serotonim menjadi target terapi pada beberapa obat antidepresi. Obat-obat diberikan kepada pasien yang mengalami depresi. Hal tersebut untuk meningkatkan pelepan serotonim di otak sehingga tingkat stresnya berkurang.

C.   Pendongkrak Stamina
Nah, ada satu lagi khasiat pisang yang banyak tidak diketahui orang. Ternyata pisang juga bisa meningkatkan gairah sex pria. Gairah sex pria dan wanita di pengaruhi hormone seks testoteron. Jika produksi testoteron  dalam tubuh menurun, dapat menyebabkan seseorang tidak memiliki keinginan yang kuat untuk berhubungan seks. Produksi testoteron bergantung pada zink (Seng) dan vitamin B, yang keduanya melimpah pada makanan yang kita makan secara teratur. Namun, karena gizi semakin buruk dan bertambahnya usia, ada baiknya menambah asupan makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang di butuhkan untuk memproduksi hormon seks, salah satunya rutin makan pisang.
Pisang merupakan makanan yang memberikan energy tinggi, pisang mengandung enzim bromelain yang disebut phallic, yang dapat menimbulkan libido atau gairah seks laki-laki. Pallic ini menjadikan pisang popular sebagai makanan afodisiak (peningkat gairah seks). Pisang juga merupakan sumber kalium dan vitamin B yang sangat baik, seperti riboflavin yang di perlukan untuk horemon seks, yaitu meningkatkan produksi testoteron.
Seorang ahli urologis asal singapura juga pernah menyatakan bahawa pria dapat meningkatkan kesuburannya dengan mengkonsumsi pisang secara teratur setiap tiga hari sekal, seperti di kutip Thestar. Menurut dia, pisang yang hidup di iklim tropis basah dan tanah lembab dan panas  ini banyak mengandung magnesium, vitamin A, B1, C, serta protein yang sangat di butuhkan pria unbtuk memningkatkan dan merangsang produksi sperma lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar