Kamis, 31 Mei 2012

MAKANAN YANG PERLU DI PERHATIKAN

Memilih makanan yang tepat adalah salah satu bagian penting dari pola hidup sehat. Ada baiknya anda tidak sekedar memilih atau megkonsumsi bahan makanan yang bernutrisi tinggi, tetapi juga bermanfaat lebih bagi kesehatan seperti mengandung zat-zat yang dapt mengikis lemak jahat. Berikut ini adalah 5 bahan pangan yang patut dipilih dalam memenuhi kebutuhan gizi setiap hari. Selain padat akan nutrisi, makanan-makanan ini memiliki khasiat tambahan karena dapat menurunkan kadar lemak jahat atau kolestrol dalam tubuh anda.
1.    Kedelai
Mengurangi lemak jenuh merupakan langkah terbaik untuk menurunkan kadar kolestrol. Ganti daging dan keju dengan makanan berbahan kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai. Kandungan isoflavon pada kedelai dapat menurunkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolestrol jahat.
Lemak jenuh tidak baik untuk jantung karena hati menghgunakan lemak jenuh untuk membuat kolestrol. Jadi mengkonsumsi makanan kaya minyak jenuh dapat meningkatkan kadar kolestrol, terutama LDL.konsumsi setidaknya 25 gram protein kedelai setiap harinya untuk membantu menurukan kolestrol.

2.    Kacang-Kacangan
selain bekatul, kacang-kacangan juga kaya akan serat terutama yang larut, bisa membantu menurunkan kolestrol. Mengonsumsi satu cangkir segala jenis kacang-kacangan per hari, terutama kacang merah, atau kacang pinto, dapat menurunkan kolestrol hingga 10%dalam enam minggu. Untuk mendapat kesehatan terbaik, baik FDA dan Institut Kanker Nasional (NCI) Amerika serikat merekomendasikan konsumsi 25-30 gram serat setiap harinya. Untuk kacang-kacangan, konsumsi lima porsi atau lebih setiap minggunya.

3.    Ikan Salmon
Ikan salmon merupakan sumber protein terbaik karena tinggi asam lemak, omega-3 yang disebut EPA dan DHA, yang baik untuk jantung. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung pada ikan salmon dan ikan air dingin lainya dapat menurunkan kolestrol jahat (LDL), trigliserida, dan meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL). Untuk mendapatkan omega-3, pilih ikan salmon trout, hering, sardine, dan makarel. Asosiasi jantung amerika (AHA) merekomendasikan konsumsi ikan salmon setidaknya dua porsi seminggu.

4.    Alpukat
Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dan dapat meningkatkan HDL. Selain itu, alpukat juga mengandung betasitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolestrol yang di serap dari makanan. Kombinasi betasitosterol dan lemak tak jenuh tunggal membuat alpukat merupakan makanan yanga baik untuk memecah kolestrol. Meski begitu, alpukat memiliki kalori yang sedikit tinggi. Untuk itu, jangan mencampurkan alpukat dengan makanan yang mengandung kadar lemak tinggi. Asosiasi jantung amerika (AHA) merekomendasikan 15% kalori harian diambil dari lemak tak jenuh tunggal seperti yang terkandung dalam alpukat. Ini sama artinya dengan 30 gram lemak tak jenuh tunggal. Sebagai gambaran, satu buah alpukat mengandung 300 kalori dan 30 gram lemak.

5.    Bawang Putih
Penelitian menunjukan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolestrol, mencegah penggumpalan dan menurunkan tekanan darah, serta melindungi tubuh terhadap infeksi. Namun, penelitain lain juga membuktikan bahwa bawang putih dapat menghentikan plak pada arteri pada tahap awal. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan, konsumsi 2-4 siung bawang putih segar setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar