Kamis, 31 Mei 2012

MELIHAT MANFAAT KENTANG

Kentang juga sebagai salah satu sumber utama karbohidrat, kentang (Solanum Tuberosum) dapat diolah dengan berbagai cara, digoreng, direbus, dipanggang, disajikan sebagai campuran kue. Kandungan air per 100 gram kentang ialah 82 gram, dengan nilai protein sebanyak 2 gram, kalori sebanyak 70 kkal, dan karbohidrat sebanyak 19 gram. Selain kandungan-kandungan tersebut, kentang juga memiliki kandungan lain seperti zat besi dan Riboflavin yang penting bagi tubuh. Dan juga mengandung mineral kalsium yang tinggi sehingga bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.
Kentang juga mengandung vitamin C dan juga beberapa seperti vitamin B6 yang berperan dalam sintesis dan metabolisme protein. Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Kentang dipakai sebgai makanan pokok diberbagai Negara.  Kandungan mineral Natrium dan kadar Alkalin yang cukup tinggi dapat meningkatkan pH yang terlalu asam pada tubuh, sehingga dapat memelihara hati, mempertinggi elastisitas jaringan dan lenturanya otot-otot tubuh. Manfaat kentang lainnya yaitu menetralisir asam urat dalam darah,mengobati penyakit ginjal, penyakit jantung, dan dapat mengurangi lendir pada tenggorokan dan hidung. Selain itu kentang juga dapat digunakan sebagai menu makanan seperti brownies kentang.
Kentang memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh manusia jadi, sempatkanlah mengonsumsi kentang agar tubuh kita tetap sehat dan mendapat asupan gizi dari kentang yang kaya vitamin, protein, karbohidrat dan juga kalsium yang baik untuk tubuh kita. Kentang dapat diolah menjadi bebagai jenis makanan salah satunya adalah brownies kentang. Berikut ini merupakan resep membuat brownies kentang selamat mencoba :
Bahan :
A.    100 gram tepung terigu
B.    75 gram coklat bubuk
C.   ¼ sendok the baking powder
D.   300 gram kentang, kukus dan haluskan
E.    4 butir putih telur
F.    7 butir kuning telur
G.   200 gram gula pasir
H.   ¼ Sendok the garam
I.      150 gram mentega, cairkan
J.    100 gram coklat pekat, cincang
K.    40 gram kenari, cincang kasar
L.    1 Sendok makan Rhum (kalau suka)
M.   1 Sendok teh pasta coklat

 Cara membuat :
  • Ayak terigu, baking powder dan coklat bubuk, sisihkan
  • Koock putih dan kuning telur, gula dan garam hingga mengembang
  •  Masukan campuran terigu secara bertahap, bergantian dengan margarine sambil di aduk
  • Masukan pure kentang, pasta coklat, coklat masak dan Rhum (bila suka) aduk hingga rata
  • Siapkan Loyang 20 x 20 cm, oles dengan sedikit mentega, taburi sedikit terigu. Tuang adonan ke dalam Loyang, ratakan. Taburi atasnya dengan kenari cincang. Panggang dengan oven bertemperatur 180 derajat selsius selama 30 menit atau hingga kue matang. Angkat dan dinginkan, hias bagian atas dengan coklat tim. Potong-potong dan hidangkan.

1 komentar: