Kamis, 31 Mei 2012

KHASIAT DAUN SIRIH


Tanaman bernama ilmiah Piper betle ini termasuk tumbuhan merambat dan bersandar pada batang pohon lain. Permukaan daun berwarna hijau dan licin, sedangkan batangnya berwarna hijau tembelek (hijau agak kecoklatan) dan permukaan kulitnya kasar serta berkerut-kerut. Bentuk daun sirih pipih menyerupai jantung dan tangkainya agak panjang. Buah sirih berupa buah buni yang berbentuk bulat berwarna keabu-abuan.
Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan. Kemampuan tanaman ini untuk memanjangkan batangnya bisa mencapai puluhan meter. Hamper di seluruh kawasan Indonesia daun sirih menjadi pelengkap atau media dalam upacara-upacara adat traditional.
Tanaman ini sangat terkenal di berbagai belahan dunia, terutama di kawasan asia selatan dan asia tenggara. Selain itu, daun ini memiliki nama lokal di berbagai daerah seperti betle (perancis), betelhe vitele (Portugal), sirih (Indonesia), suruh sedah (jawa), seuruh (sunda), ju jiang (cina). Sirih sangat bermanfaat bagi tubuh manusia diantaranya adalah:
A.      Anti  Oksidan
Minyak atsiri dari daun sirih memiliki kandungan minyak terbang (betiephenol), seskuiterpe, pati diastase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya antioksodasi (mematikan kuman) dan fungisida (anti jamur). Sirih juga mengandung bahan aktif fenol dan kavikol. Daun sirih dapat dimanfaatkan untuk pestisida nabati ( mengendalikan hama penghisap).
B.      Diare
Tumbuk daun sirih secara bersamaan hingga halus 4-6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa. Kemudian gosokan bagian yang sudah halus pada bagian perut. Beberapa saat kemudian dijamin diare akan reda.
C.      Menghentikan Pendarahan Gusi
Didihkan 4 lembar daun sirih dengan dua gelas air. Setelah dingin di pakai untuk kumur, di ulang secara teratur sampai sembuh.

 D.      Menghentikan Pendarahan Hidung atau Mimisan
Gulung satu lembar daun sirih sambil di tekan-tekan sampai minyaknya keluar. Kemudian sumbatkan atau tempelkan daun sirih pada hidung yang berdarah karena mimisan tersebut.
E.       Sakit Gigi Berlubang
Rebus satu lembar daun sirih dengan dua gelas air sampai mendidih. Setelah dingin pakailah untuk berkumur. Ulang terus sampai sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar