Selasa, 08 Maret 2011

KEJUJURAN MENUJU KEBIJAKSANAAN SEJATI


Pertama kali kita mengenal kejujuran ialah dari orang tua kita. Merekalah yang mendidik, membimbing, agar kelak bila dewasa, tidak suka berbohong, menjadi orang yang berguna dan selalu disenangi banyak orang.

Singkat kata kejujuran adalah suatu kepribadian yang mulia yang dimiliki seseorang (seperti sifat/kepribadian yang dimiliki dewa-dewa kita, salah satunya Dewa Kwan Kong).

Namun sangat disayangkan entah jaman semakin canggih atau orang merasa hebat dengan apa yang telah dimilikinya, sehingga kejujuran lambat laun menjadi pudar dalam hati kita.

Kalau boleh saya katakan banyak diantara kita bersandiwara/memakai topeng untuk menutupi segala kekurangan yang ada dalam diri kita.

Jadi boleh dikatakan jika sandiwara yang kita mainkan terlalu lama, topeng yang kita pakai juga jarang kita lepaskan, lama kelamaan akan menyatu dalam diri kita. Sesungguhnya inilah yang membuat kita kehilangan/lupa akan siapa kita dan bahkan bangga atas sandiwara/kebohongan yang kita lakukan.

Kita bisa saja berbohong kepada orang tua, pacar/teman. Namun kenyataannya kita tidak bisa berbohong kepada diri kita sendiri dan kepada Yang Maha Kuasa.

Saat masalah berdatangan, bencana datang, penyakit juga tiba, dan karma membelit, masihkah kita bangga atas semua perbuatan yang bertentangan dengan hati kecil kita? Saat itu kita...... penyesalan selalu datang terakhir.

Tapi apalaharti sebuah penyesalan, semua orang yang pernah kita sakiti, kita bohongi satupersatu menjauhi kita, bahkan orang yang kita cintai juga tak mau perduli lagi.

Sebelum terlambat/semua itu terjadi, cobalah sekali-sekali kendalikan diri kita. Mungkin tips di bawah ini boleh di coba:
·         Pejamkan mata, tinggalkan topeng/ sandiwara kita sebentar
·         Berusahalah untuk tidak melihat, mendengar, berpikir dan berbicara
Mengapa harus begini?
*      Karena dengan mata membuat kita lapar dan ingin memiliki
*      Mendengar sesuatu yang tidak baik ini membuat kita goyah dalam menentukan sikap.
*      Sedangkan berpikir/berbicara keunggulan orang lain membuat kita tidak jujur dalam menjalani hidup (selalu berbohong/gengsinya terlalu tinggi).
·         Diamkan diri kita, biarkan beberapa saat hingga menjadi bening, gunakan hati yang paling dalam. Kita dapat merasakan kedamaian/melihat sisi lain dari dunia. Dunia ini INDAH, tidak buruk. Dengan kejujuran yang timbul dalam diri membuat kita jauh dari tekanan, beban dan jauh dari perasaan menyesal/perasaan bersalah.
Memang kejujuran/bertindak jujur tidak selalu berdampak baik, semuanya sesuai dengan situasi dan kondisi dari sudut pandang masing-masing, yang terpenting harus sadar dan mengerti dalam menentukan sikap.

Salah satu contoh kejujuran berbalik menjadi kita marah/sebel:
  1. kita berusaha jujur kepada si ”dia”bahwa kita tidak bisa ikut dalam suatu cara. Namun ternyata dia tidak perduli dengan alasan yang kita katakan, malah membuat kita malu di depan banyak orang.

Sebagai manusia biasa tentu saja kita bisa marah, tapi bila kita berpikir tentu orang itu punya alasan berbuat begitu atau tidak sadar bahwa dia sudah membuat kita malu maka amarah kita akan sedikit mereda.

Hikmahnya kalau kita sadar/mengerti, kita bisa mengenal berbagai watak manusia sehingga membuat kita mudah mencari teman dalam bergaul.

  1. contoh lain, kita jujur kepada orang yang kita cintai
namun dia ternyata tidak memperdulikan kejujuran kita, tak perduli sedikitpun tentang kita. Tentu, sebagai manusia kita akan jengkel juga.

Hikmahnya, sekurang-kurangnya kita berusaha jujur pada diri kita, dan merasa puas dengan tindakan yang kita lakukan/punya kepastian dalam melangkah hari esok yang lebih baik.

Jadi kejujuran itu sendiri membuat perasaan kita lega, tidak terbebani tidak membuat kita susah dalam menghadapi berbagai masalah. Tetapi yang terpenting, kita harus sadar dan bijak dalam bertindak jujur, mengerti dengan situasi dan kondisi yang kita alami, pasti kejujuran tersebut akan membuat kita bahagia dan lebih percaya diri. Sesuatu yang benar akan tetap benar, yang putih tetap putih sedangkan yang hitam akan tetap kelihatan hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar